Selasa, 03 November 2015

Konsep Sosiolinguistik


Kata sosiolinguistik merupakan gabungan dari kata sosiologi dan linguistik. Sosiologi adalah kajian yang objektif dan ilmiah menganai manusia dalam masyarakat dan mengenai lembaga-lembaga serta proses sosial yang ada dalam masyarakat (Chaer dan Agustina, 1995:3 dalam Aslinda dan Syafyahya, 2010). Linguistik adalah ilmu bahasa atau bidang yang mengambil bahasa sebagai objek kajiannya. Dengan demikian sosiolinguistik merupkaan bidang ilmu antardisiplin yang mempelajari bahasa di dalam masyarakat.
Sosiolinguistik merupakan ilmu antardisiplin antara sosiologi dan linguistik, dua bidang ilmu empiris mempunyai kaitan sangat erat. Sosiologi adalah kajian yang objektif dan ilmiah mengenai manusia di dalam masyarakat, dan mengenai lembaga-lembaga, dan proses sosial yang ada dalam masyarakat. Sosiologi berusaha mengetahui bagaimana masyarakat itu terjadi, berlangsung dan tetap ada. Sedangkan linguistik adalah bidang ilmu yang mempelajari bahasa, atau bidang ilmu yang mengambil bahasa sebagai objek kajiannya. Dengan demikian, secara mudah dapat dikatakan bahwa sosiolinguistik adalah bidang ilmu antardisiplin yang mempelajari bahasa dalam kaitannya dengan penggunaan bahasa itu di dalam masyarakat (Chaer dan Agustina, 2004:2)
Studi interdisipliner yang menggarap masalah-masalah kebahasaan dalam hubungannya dengan masalah-masalah sosial dikenal dengan sebutan sosiolinguistik. Fishman (1968:6 dalam Suwito, 1986:4) lebih cenderung untuk menyebut sosiologi bahasa (sociology of language), dengan pertimbangan, karena studi ini pada hakekatnya menggarap masalah-masalah sosial dalam bubungannya dengan pemakaian bahasa. Dengan memasukkan unsur kebudayaan yang melatarbelakangi pemakaian bahasa, Appel 1976:10 dalam Suwito, 1986:4) merumuskan sosiolinguistik sebagai studi tentang bahasa dan pemakaian bahasa dalam hubungannya dengan masyarakat dan kebudayaan. Sedangkan Hymes (1975:viii dalam Suwito, 1986:4), dengan lebih menitikberatkan pada segi kegunaannya berpendapat, bahwa sosiolinguistik dapat dipakai sebagai petunjuk tentang kemungkinan pemakaian data dan analisis linguistik dalam disiplin-disiplin lain yang berhubungan dengan kehidupan sosial dan sebaiknya, pemakaian data dan analisis sosial di dalam linguistik. Sementara itu Fishman (1972:4 dalam Suwito, 1986:4) melihat sosiolinguistik dari sudut adanya hubungan antara variasi bahasa, fungsi bahasa dan pemakaian bahasa serta adanya perubahan-perubahan sebagai akibat terjadinya interaksi antara ketiganya, dan memberikan batasan sosiolinguistik sebagai studi tentang sifat-sifat khusus (karakteristik) variasi bahasa, sifat-sifat khusus fungsi bahasa dan sifat-sifat khusus pemakaian bahasa dalam jalinan interaksi serta perubahan-perubahan antara ketiganya di dalam masyarakat tuturnya.

Pengertian sosiolinguistik secara operasional dirumuskan berikut ini.
*   Sosiolinguistik lazim didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari ciri dan pelbagai variasi bahasa, serta hubungan di antara pada bahasawan dengan ciri fungsi variasi bahasa itu di dalam suatu masyarakat (Kridalaksana, 1978:94).
*   Pengkajian bahasa dengan dimensi kemasyarakatan disebut sosiolinguistik (Nababan, 1984:2).
*   Sosiolinguistik is the study of the characteristics of language varieties, the characteristics of their functions, and the characteristics of their speakers as these three constantly interact, change and change one onother within a speech community (= sosiolinguistik adalah kajian tentang ciri khas variasi bahasa, fungsi-fungsi variasi bahasa, dan pemakai bahasa karena ketiga unsur ini selalu berinteraksi, berubah, dan saling mengubah satu sama lain dalam satu masyarakat tutur (J.A. Fishman, 1972:4).
*   Sociolinguistyiek is de studie van taal en taalgebruik in de kontext van maatschapij en kultuur (= sosiolinguistik adalah kajian mengenai bahasa dan pemakaiannya dalam konteks sosial dan kebudayaan (Rene Appel, Gerad Hubert, Greus Meijer, 1976:10).
*   Sociolinguistiek is subdisiplin van de taalkunde, die bestudert welke social factoren een rol spelen in het taalgebruik er welke taal spelt in het social verkeer (= sosiolinguistik adalah subdisiplin ilmu bahasa yang mempelajari faktor-faktor sosial yang berperan dalam penggunaan bahasa dan pergaulan sosial (G.E. Booij, J.G. Kersten, dan H.J. Verkuyl, 1975:139).
*   Sociolinguistics is the study of language in operation, it’s purpose is to investigate how the convention of the language use relate to other aspects of social behaviour (= sosiolinguistik adalah kajian bahasa dalam penggunaannya, dengan tujuan untuk meneliti bagaimana konvensi pemakaian bahasa berhubungan dengan aspek-aspek lain dari tingkat laku sosial (C. Criper dan H.G. Widdowson dalam J.P.B. Allen dan S. Piet Corder(ed.) 1975:156).
*   Sociolinguistics is a developing subfield of linguistics which takes speech variation as it’s focus, viewing variation or it social context. Sociolinguistics is concerned with the correlation between such social factors and linguistics variation (= sosiolinguistik adalah pengembangan subbidang linguistik yang memfokuskan penelitian pada variasi ujaran, serta mengkajinya dalam suatu konteks sosial. Sosiolinguistik meneliti korelasi antara faktor-faktor sosial itu dengan variasi bahasa (Nancy Parrot Hickerson, 1980:81).

(Chaer dan Agustina, 2004:3-4)

Dari definisi-definisi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sosiolinguistik adalah cabang ilmu linguistik yang bersifat interdisipliner dengan ilmu sosiologi, dengan objek penelitian hubungan antara bahasa dengan faktor-faktor sosial di dalam suatu masyarakat tutur. Atau secara lebih operasional lagi seperti dikatakan Fishman (1972, 1976) dalam Chaer dan Agustina, 2004:4, “... study of who speak what language to whom and when”.



DAFTAR PUSTAKA


Aslinda dan Syafyahya, L. 2010. Pengantar Sosiolinguistik.  Bandung: Refika Aditama.
Chaer, Abdul dan Agustina, L. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Suwito. 1983. Perkenalan Awal Sosiolinguistik Teori dan Problema Edisi ke-2. Surakarta: Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar